Rabu, 21 Mei 2008

GENTOO 2007.0 MOVE ON USB

Berikut ini adalah tutorial tentang bagaimana menginstall, booting dan menjalankan Gentoo 2007.0 dari USB dengan menggunakan sistem operasi Windows. Gentoo adalah salah satu versi Linux yang cukup popular setelah Gentoo Penguin. Gentoo dibuat oleh Daniel Robbins dengan tujuan membuat Linux yang lebih kecil yang hanya terdiri dari program-program yang diperlukan.

Yang dibutuhkan :

  1. USB 1GB atau lebih
  2. Gentoo Linux ISO
  3. HP USB format tool (optional)
  4. 7zip (optional)
  5. fixgt.zip

Cara instalasinya :

  1. Download HP USB format tool dan format USB anda dengan software tersebut. Pastikan file system yang digunakan adalah FAT32.
  2. Buat sebuah folder dengan nama GentooUSB di desktop.
  3. Download Gentoo Linux ISO dan pindahkan ke folder GentooUSB.
  4. Download 7-Zip dan install !
  5. Download fixgt.zip dan dengan menggunakan 7-zip, extract isinya ke dalam folder GentooUSB. (Klik kanan fixgt.zip pilih 7-Zip, lalu pilih extract files… pada extract to browse ke folder GentooUSB.
  6. Buka folder GentooUSB, double klik fixgt.bat, tekan Enter untuk melanjutkan proses dan biarkan hingga screen hitam menghilang dengan sendirinya dari layar monitor.
  7. Sekarang di dalam folder GentooUSB terdapat folder baru bernama gentoo, copy semua file yang ada di dalam folder gentoo ke dalam USB yang telah anda format sebelumnya.
  8. Lanjtkan dengan membuka isi USB anda, double klik makeboot.bat. Lalu ikuti intruksi yang ada di dalam screen.
  9. Restart laptop/PC anda, setelah itu rubah setting BIOS agar booting ke USB anda.

SELAMAT MENCOBA !

dikutip dari : pendrivelinux.com

Tidak ada komentar: