Minggu, 04 Mei 2008

Cara Compile / Kompile kernel di Debian etch 4.0

Kompile kernel merupakan tindakan heroik bagi saya. Senang sekali bila melihat aneka command-command aneh bermunculan di monitor. Namun, bagaimana caranya mengkompile kernel itu sendiri? Apa kegunaannya? pakai software apa? ( lebih parah lagi nanya kernel tuh apaan? ). Nah pada artikel saya ini akan dibahas tentang kompile kernel 2.6.18 bawaan dari debian etch 4.0

Kernel merupakan inti sari dari sistem operasi. Disini terdapat berbagai module-module tentang hardware yang nantinya berguna untuk mengenali hardware kita. Pengertian gampangnya, pada laptop / cpu kita terdapat hardware seperti touch-screen, bluetooh, infra-red, dst. Untuk mengenali semuanya device, kernel harus mempunyai modul / module driver hardware tersebut. Ibaratnya, kernel merupakan perpustakan buku yang terdiri dengan banyak sekali driver, pemograman, dst.

Kompile kernel dibutuhkan bila hardware kita tidak disupport, pengubahan sistem, optimasi hardware, serta dukungan terhadap devices baru yang lain. Pada debian, silahkan download/ install paket linux-source-2.6.18 ,libncurses5, libncurses5-dev, libncursesw5. Bila semua paket sudah tersedia, berikut cara kompile kernel linux menggunakan konsole :
1. cd /usr/src/ ( masuk ke direktori source )
2. tar -xvvf linux-source-2.6.18.tar.bz2 ( mengekstrak paket linux-source yang didownload )
3. cd linux-source-2.6.18.tar.bz2 ( masuk ke folder hasil ekstraksi )
4. make menuconfig ( Atur kernel anda dan save )
5. make && make modules && make modules_install && make install
6. mkinitrd -o /boot/initrd.img-2.6.18 2.6.18

Bila semua proses selesai, maka tinggal alamat kernel yang di-load menuju kernel baru dan image initrd menuju image yang baru pada grub ( pada /boot/grub/menu.lst —> silahkan baca ” Cara menambahkan device loop di debian” )

Dikutip dari : http://linuxpasuruan.wordpress.com/

Tidak ada komentar: